Langsung ke konten utama

Custom Domain: Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri di Blogger Tanpa Blogspot

Cara melaksanakan blog dengan cap lingkungan seorang diri di Blogger, minus ada tambahan asma domain blogspot di belakangnya, dikenal dengan sebutan Custom Domain.
 
Misalnya, cap blog asli di Blogger itu romeo.blogspot.com. Nah, kita bisa membarui alamat blog yang panjang itu menjadi romeo.com, bagaikan blog yang sedang Anda kunjungi ini!

Custom Domain: Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri
Dengan nama domain sendiri, blog kita jadi bertambah kredibel, tampak profesional, gak ketahuan gratisnya, lebih singkat dengan mudah ditulis dengan diucapkan, dan akhirnya akan kian SEO Friendly, sehingga lebih banyak pengunjungnya!
 
Banyak lho situs dewan dan situs berita sebenarnya blog Blogger, hosting di Blogger, namun "tidak ketahuan" karena di-custom domain atau memakai nama daerah sendiri.
 
Bagaimana caranya? Di kaki (gunung) ini tutorialnya.

Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

Berikut ini Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri di Blogger Tanpa Blogspot. Langkah pertama, buat dahulu blognya, kalakian beli domainnya. Murah kok, hanya 100-ribuan per tahun!
 
1. Buat Dulu Blognya. Baca: Cara Membuat Blog.
2. Beli domainnya. Silakan order domain di Niagahoster.
 
Hosting Unlimited Indonesia
 
Jika mau mengikuti panduan di kaki (gunung) ini kudu beli domainnya di kian ya, karena aturan custom domain di kaki (gunung) ini saya "salin tempel" dari provider daerah tersebut.

Setelah membuat blog di Blogger dengan membeli/sewa cap daerah yang cuma 100-ribuan per tahun, lanjutkan dengan langkah berikut ini.

Custom Domain Blogspot Mudah di Member Area

 
Fitur Custom Domain di Niagahoster akan membuat Anda tidak perlu repot dan memerlukan langkah-langkah yang panjang buat melaksanakan blog dengan asma daerah sendiri.

Hanya dengan memasukkan nama daerah di Blogspot, dan memasukkan CNAME 2 di Member Area Niagahoster, blog Anda di Blogger acap dapat diakses dengan asma domain sendiri, sonder ada aksesori "blogspot", sehingga kian andal dengan looks professional!

Berikut ini 3 langkah mudah dengan mini yang layak Anda lakukan.

Langkah 1: Mendapatkan CNAME di Blogger

Masuk ke akun Blogspot Anda dengan langsung menuju Settings.

1. Klik Setting > Basic
<iframe id="aswift_2" name="aswift_2" width="566" height="90" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" allowfullscreen="allowfullscreen" data-mce-fragment="1"></iframe>
Langkah 1: Mendapatkan CNAME di Blogger

2. Pada baris Publishing, klik URL “ + Setup a 3rd party URL for your blog”
3. Tambahkan nama daerah Anda yang sudah aktif, lengkap dengan www, lalu klik Save.

Tambahkan asma domain Anda

Jika Anda mendapatkan pesan error 12 dengan 32 beri abaikan saja, yang penting Anda sudah memperoleh CNAME 2 yang dibutuhkan buat konfigurasi di Member Area.



Sampai di sini, buka tab baru, ketik/buka niagahoster.co.id, dan LOGIN ke Member Area.

Langkah 2 : Masukkan CNAME 2 Blogspot ke DNS Management Member Area

1. Login ke member bilangan Anda melalui https://www.niagahoster.co.id, lalu pada kanan arah faksi Member Area.

2. Setelah masuk member area >> klik pada menu Hosting & Domain.

menu Hosting & Domain

3. Pilih cap domain dengan klik Kelola seperti ala gambar di atas.

4. Pada menu Kelola, klik DNS Management > klik Custom Blogspot.

Pengaturan Domain


Pengaturan Domain

5. Setelah muncul esai bagai di atas, isikan domain sesuai CNAME 2 yang telah Anda dapatkan di Dashboard Blogger Anda, dengan klik Save changes.

Detailnya bagaikan gambar berikut ini:

Pengaturan Domain Blogger

CNAME 2 dalam contoh ini adalah:

  • Domain: mljwxqwulcvs 
  • Value: gv-bpbgtytzvnz6sg.dv.googlehosted.com

Bila setting telah berhasil, Anda bisa coba refresh (Tekan F5) laman pengelolaan domain. 

Langkah 3 : Klik Save di Blogspot

Buka halaman Dasboard Blogger Anda. Klik Save .

Bila mendapatkan error ketika Save dilakukan, maka boleh tunggu proses propagasi (waktu yang dibutuhkan bagi lingkungan untuk dapat tersambung dengan server) agar record DNS sebelumnya dikenali bagi Blogger.

Estimasi propagasi umumnya beberapa jam saja, bisa juga dalam hitungan menit. Tunggu saja. Setelah itu coba Save kembali. 

Jika Save sudah berhasil, maka Custom Domain telah selesai kelar. Kini alamat blog Anda sudah berubah menjadi cap lingkungan sendiri, tanpa ada "blogspot", bertambah keren! Wasalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press)

Halo bertemu lagi di pada pertemuan ini penulis akan melakukan pembahasan " Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press) " secara tuntas, ayo simak selengkapnya ... Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press) atas Media Mainstream Dikendalikan Rezim. Word cloud for Watchdog journalism by Fotolia WATCHDOG Journalism (Jurnalisme Pengawas, Jurnalisme Penjaga) adalah aktivitas kewartawanan atau pemberitaan sebagai aplikasi guna "pengawasan sosial" ( social control ) dalam Fungsi Pers bertimbal dengan UU No. 40/1999. Berdasarkan Pasal 33 UU. No. 40 tahun 1999 tentang Pers, guna pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dengan kekuasaan sosial, beserta menjadi badan ekonomi (bisnis). Dalam guna Kontrol Sosial terkandung amanat demokratis. Di dalamnya terdapat unsur-unsur:  Social Participation  (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan), Social Responsibility  (pertanggungjawaban pemerintah terhad

Teknik Menulis Jurnalistik Modern Plus

Haiii bersua lagi di pada kesempatan ini kita akan melakukan pembahasan " Teknik Menulis Jurnalistik Modern Plus " secara jelas, ayo simak sedetilnya ... Teknik Menulis Jurnalistik Modern dengan Teknik Reportase, Wawancara, Bahasa Jurnalistik. PANITIA sebuah pelatihan kewartawanan meminta aku mengisi materi dengan tema "Teknik Menulis Jurnalistik Modern" dengan Teknik Reportase dan Wawancara serta Bahasa Jurnalistik . Ada catatan di kurung: media cetak, blog, dan media sosial. Kayaknya panitia berdoa aku bicara atau memberi materi tentang cara memahat di media cetak, blog, dan media sosial. Cukup lengkap. Waktu pelatihan one day alias sehari penuh. Gak penuh-penuh amat sih, berangkat jam 09.00 s.d. 16.00 WIB. Urutan materinya sebagai berikut: Teknik Reportase dan Wawancara Bahasa Jurnalistik Teknik Menulis Jurnalistik Modern (Media Cetak, Blog, dan Media Sosial) Mungkin, yang dimaksud kewartawanan futuristik merupakan kewartawanan masa kini, terkait den

STAI Kharisma Sukabumi Gelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa

Halo bertemu lagi di blog saya akan menjelaskan " STAI Kharisma Sukabumi Gelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa " secara tuntas, ayuk simak selengkapnya ... Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kharisma Cicurug Sukabumi Jawa Barat menggelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa (Student Journalism) di Gedung Aula Kampus 1 STAI Kharisma Cicurug Sukabumi Jumat-Minggu 22-24 Desember 2017. Dengan biaya pendataan Rp200.000, peserta akan mendapatkan wawasan dan kapabilitas publisistik dari para pemateri tingkat nasional plus fasilitas seminar kit, sertifikat, konsumsi, tempat menginap, dan imitasi ataupun aksi langsung. Pemateri penataran pembibitan terdiri dari praktisi dan akademisi jurnalistik, yaitu Haris Sumadiria, Asep Syamsul M. Romli ( Kang Romel ), Ujang Saefullah, Aep Saepuloh, dan Budi Lesmana. Materi penataran pembibitan antara lain dasar-dasar jurnalistik, publisistik corong online, teknik menulis berita dan artikel, serta aksi melantas berupa imitasi pembuatan coro