Langsung ke konten utama

Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary

Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary

Halo lagi di website saya akan menjelaskan "Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary" secara tuntas, ayo simak selengkapnya ...

Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary.

Jurnalistik Online merupakan pemberitaan atau publikasi peristiwa dan informasi aktual dengan letak web di internet. Media publikasinya disebut media online atau meda siber (cyber media).

Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan jurnalisme online atau digital journalism sebagai ”pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan dengan internet” (reporting of facts produced and distributed dengan the Internet).

Disebutkan juga, jurnalisme online merupakan bentuk jurnalisme terkini berupa penyebarluasan konten editorial dengan internet (online journalism is a contemporary form of journalism where editorial content is distributed dengan the Internet).

Karakteristik junalistik online yang tak dimiliki media lainnya ada dua: Link dan Multimedia.

  1. Link (tautan) atau hyperlinks merupakan cantolan ke buletin atau informasi lain yang mendukung buletin yang disajikan. Umumnya diawali dengan teks "Baca Juga", "Berita Terkait", atau "Lihat" diikuti kepala karangan atau ayat berupa anchor teks dan url sehingga bisa diklik.
  2. Multimedia. Jurnalistik online bisa mempersembahkan informasi atau buletin dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan grafis sekaligus dalam satu kepala karangan atau jerambah web (web page).

Karakteristik Jurnalistik Online liannya, bagaikan kecepatan, kesegaran, dan interaktivitas sedang bisa dilakukan jurnalistik radio dan televisi (broadcast journalism).

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online

Berikut ini Daftar Istilah Penting dalam Jurnalistik Online.

User (Pengguna)

User (pengguna) merupakan buah bibir belah pembaca media online. Secara umum, user merupakan buah bibir belah pengguna internet atau anak buah yang mengakses internet dan membuka, mencari, dan membaca informasi di letak web yang tersaji di internet.

User dalam konteks media atau kewartawanan ekuivalen dengan pembaca (media cetak), pemirsa atau penonton (media televisi), dan pendengar (media radio).

Visitor (Pengunjung)

Pengertian visitor sama dengan user, ialah anak buah yang membuka, membaca, atau menghadiri media online.

Unique Visitors (UV, Pengunjung Unik)

Pengunjung unik ialah anak buah yang anyar pertama kali membongkar sebentuk website, teperlus letak berita.

Pengunjung unik berlainan dengan tamu reguler, ialah pembaca setia atau anak buah yang berulang-ulang membongkar sebentuk sebuah situs.

AdSense

AdSense merupakan sumber elementer pendapatan atau penghasilan media online.

AdSense merupakan singkatan dari Google AdSense atau Iklan Google, ialah program periklanan Google yang melibatkan para pemilik letak web atau blog sebagai penayang (publisher).

Iklan AdSense muncul secara otomatis di jerambah tertentu sesuai dengan tempat pemasangan kode advertensi yang disediakan Google.

Iklan yang diklik tamu dan/atau hadir seribu kali hendak menghasilkan komisi belah penayang.

AdWords

AdWords merupakan program periklanan dari Google belah pemasang iklan. Jika saya memasang advertensi di Google, maka advertensi saya hendak hadir di berbagai letak web dengan konten yang relevan dengan materi advertensi kita.

Search Engine Optimization (SEO)

Google SEO

SEO dalam bahasa Indoensia disebut Pengoptimalan Mesin Telusur atau mesin pencari (search enginze).

Mayoritas pengguna, pengunjung, atau pembaca membongkar letak web dari mesin pencari bagaikan Google, Yahoo, atau Bing dengan menggunakan penjelajah internet bagaikan Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera di komputer atau telepon seluler ahli (smarthone).

Bersaing dengan media lain yang menulis buletin atau mempersembahkan informasi serupa, kalangan beritawan atau manajemen media online layak melalukan gaya SEO agar buletin atau medianya terindeks dengan cepat dan mudah sehingga hadir di peringkat terala jerambah pertama hasil pencarian (SERP, Search Engine Results Page).

Teknik SEO secara umum meliputi keunikan dan keaslian buletin (bukan salinan/copy paste), kelengkapan (detail), dan dukungan elemen lain bagaikan gambar dan video.

Teknik SEO lagi meliputi tampilan letak web yang layak ramah seluler (mobile-friendly) dan ringan atau hadir cepat (fast loading).

Social Marketing Optimization (SMO)

Bagian dari gaya SEO, ialah pemasaran atau promosi dengan media sosial, baik dengan cara mencari followers sebanyak-banyaknya, upate status, dan melaksanakan konten unik dan menarik sehingga dibagikan (share), disukai (like), dan dikomentari (comments).

 



Social Media Marketing (SMM)

Pemasaran dengan Media Sosial, ialah promosi berupa pemasangan advertensi di Facebook, Twitter, atau media kemasyarakatan lainnya.

Stand-Alone Journalism

Istilah ini dikemukakan guru besar kewartawanan Jay Rosen dan Chris Nolan. Stand-Alone Journalism atau "Jurnalis Mandiri" merujuk pada wartawan ahli yang melaksanakan letak web atau media online sendiri.

Di Indonesia kayaknya belum ada "Jurnalis Mandiri" bagaikan Rafat Ali, Nick Denton, Om Malik, Jason Calacanis, atau Josh Marshall di luar sana.



Keywords (Kata Kunci)

Kata kunci bisa dikatakan sebagai TEMA atau TOPIK dalam pemberitaan media online.

Berita media online atau media siber hendak banyak dibanyak jika mempersembahkan buletin dengan kata kunci yang menjadi trending topic atau viral di media sosial.

Kata kunci lagi merupakan bagian dari SEO, ialah dengan cara menempatkannya di kepala karangan (head), teras (lead), kandungan (body), dan di akhir tulisan.

Tags

Tag ialah kata kunci yang melukiskan konten atau kandungan sebentuk letak web. Tags biasanya ditampilkan di bawah naskah buletin sehingga memudahkan pembaca untuk membongkar info lain dalam tema yang sama.

Category

Kategori mirip dengan tags. Di media cetak saya mengenal rubrikasi atau rubrik, ialah jerambah khusus yang memuat berita-berita dalam satu tema, misalnya rubrik ekonomi, politik, olahraga, dan sebagainya.

Di media online, rubrik ini namanya kategory yang biasanya ditampilkan di atas atau di bawah kepala karangan buletin dalam bagian yang dikenal dengan nama breadcrumbs.



Clickbait (Umpan Klik)

Saya sudah sering pisan menulis tentang mangsa klik di blog ini. Apa itu clickbait atau mangsa klik, silakan buka ClickBait.

Catatan pentingnya, mangsa klik merupakan "modus" wartawan atau media online untuk mendatangkan trafik atau tamu sebanyak-banyaknya. Judul Umpan Klik bukan kewartawanan yang baik, bahkan membobol kaidah jurnalistik.

Demikian Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online (Online Journalism Glossary). Tentu belum atau tak lengkap. Anda bisa menambahkannya di aleman komentar. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Begitulah pembahasan "Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary" terimakasih atas kunjungannya

artikel ini ke dalam kategori

artikel ini bersumber dari berbagai artikel yang ada di google searcing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press)

Halo bertemu lagi di pada pertemuan ini penulis akan melakukan pembahasan " Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press) " secara tuntas, ayo simak selengkapnya ... Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press) atas Media Mainstream Dikendalikan Rezim. Word cloud for Watchdog journalism by Fotolia WATCHDOG Journalism (Jurnalisme Pengawas, Jurnalisme Penjaga) adalah aktivitas kewartawanan atau pemberitaan sebagai aplikasi guna "pengawasan sosial" ( social control ) dalam Fungsi Pers bertimbal dengan UU No. 40/1999. Berdasarkan Pasal 33 UU. No. 40 tahun 1999 tentang Pers, guna pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dengan kekuasaan sosial, beserta menjadi badan ekonomi (bisnis). Dalam guna Kontrol Sosial terkandung amanat demokratis. Di dalamnya terdapat unsur-unsur:  Social Participation  (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan), Social Responsibility  (pertanggungjawaban pemerintah terhad

Teknik Menulis Jurnalistik Modern Plus

Haiii bersua lagi di pada kesempatan ini kita akan melakukan pembahasan " Teknik Menulis Jurnalistik Modern Plus " secara jelas, ayo simak sedetilnya ... Teknik Menulis Jurnalistik Modern dengan Teknik Reportase, Wawancara, Bahasa Jurnalistik. PANITIA sebuah pelatihan kewartawanan meminta aku mengisi materi dengan tema "Teknik Menulis Jurnalistik Modern" dengan Teknik Reportase dan Wawancara serta Bahasa Jurnalistik . Ada catatan di kurung: media cetak, blog, dan media sosial. Kayaknya panitia berdoa aku bicara atau memberi materi tentang cara memahat di media cetak, blog, dan media sosial. Cukup lengkap. Waktu pelatihan one day alias sehari penuh. Gak penuh-penuh amat sih, berangkat jam 09.00 s.d. 16.00 WIB. Urutan materinya sebagai berikut: Teknik Reportase dan Wawancara Bahasa Jurnalistik Teknik Menulis Jurnalistik Modern (Media Cetak, Blog, dan Media Sosial) Mungkin, yang dimaksud kewartawanan futuristik merupakan kewartawanan masa kini, terkait den

STAI Kharisma Sukabumi Gelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa

Halo bertemu lagi di blog saya akan menjelaskan " STAI Kharisma Sukabumi Gelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa " secara tuntas, ayuk simak selengkapnya ... Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kharisma Cicurug Sukabumi Jawa Barat menggelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa (Student Journalism) di Gedung Aula Kampus 1 STAI Kharisma Cicurug Sukabumi Jumat-Minggu 22-24 Desember 2017. Dengan biaya pendataan Rp200.000, peserta akan mendapatkan wawasan dan kapabilitas publisistik dari para pemateri tingkat nasional plus fasilitas seminar kit, sertifikat, konsumsi, tempat menginap, dan imitasi ataupun aksi langsung. Pemateri penataran pembibitan terdiri dari praktisi dan akademisi jurnalistik, yaitu Haris Sumadiria, Asep Syamsul M. Romli ( Kang Romel ), Ujang Saefullah, Aep Saepuloh, dan Budi Lesmana. Materi penataran pembibitan antara lain dasar-dasar jurnalistik, publisistik corong online, teknik menulis berita dan artikel, serta aksi melantas berupa imitasi pembuatan coro