Langsung ke konten utama

10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik

10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik

Yo Yo kembali di pada sesi ini kita akan melakukan pembahasan "10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik" secara tuntas, ayuk simak sedetilnya ...

Prospek dan Lowongan Kerja Alumni Jurusan Jurnalistik.

LOWONGAN kerja di corong bukan penguasaan alumnus abah jurnalistik begitu juga almuni abah publisistik jua tidak selalu harus berbicara di bidang media.

Yang berbicara di corong alias dunia pers juga bisa alumnus abah non-jurnalistik, asalkan memegang keterampilan jurnalistik.

Tentu saja, wartawan alumnus abah publisistik akan lebih baik bagi corong karena alumnus publisistik kepunyaan wawasan lebih mendalam tentang jurnalistik, khususnya tentang kode etik.

Baca: Haruskah Kuliah Jurnalistik buat Jadi Wartawan?

10 Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik

Di postingan Masa Depan Jurnalistik saya sudah mengapit daftar lowongan kerja yang membutuhkan keterampilan jurnalistik, selain wartawan/reporter, sebagai berikut:

1. Web Content Editor.

Setiap instansi pemerintah, mulai departemen hingga kelurahan, saat ini kepunyaan website lembaga (corporate website), sebagai corong koneksi dan informasi, plus memenuhi kewajiban UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik). Ini juga memerlukan alumnus publisistik atau SDM yang anda di bidang tulis-menulis.

2. Corporate Blogger.

Setiap kongsi saat ini jua kepunyaan website sebahai "kantor maya" yang buka 24 jam. Di sana ada jerambah khusus untuk memuat informasi kasatmata seputar dinamika kongsi yang disebut BLOG. (Baca: Corporate Blogging).

3. Corporate Journalist.

Perusahaan yang melaksanakan metode baru pemasaran modern bahkan mendirikan corong berita sebagai sarana pengembangan sistem penjualan dan branding. Ini juga domainnya alumnus jurnalistik. (Baca: Corporate Journalism).

4. Inhouse Magazine Editor. 

Setiap instansi/perusahaan jua punya inhouse magazineatau corong internal. Siapa lagi yang mengelolanya jika bukan staf alias karyawan yang "melek jurnalistik"?

5. Public Relations.

Praktisi humas alias public relations wajib bisa menulis. Banyak divisi humas di berbagai instansi, lembaga, alias kongsi yang belum memegang SDM alias staf yang ahli menulis. Ini juga peluang bagi para alumnus jurnalistik.

6. Blogpreneur/Onlinepreneur

Blogpreneur Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris, blogging is business.

Ruh blogging adalah mencatat konten berkualitas. Alumni bahkan mahasiswa publisistik bisa menekuni dunia blogging dan make money online dengan ngeblog.

7. Professional Writer, Book Writer.

Keterampilan publisistik (menulis) adalah skill sari profesi penulis. Alumni publisistik jua bisa menjadi penulis produktif, baik mencatat artikel opini atau buku.

8. Owner Media.

Bisnis corong berjalan berkembang. Media-media agregat baru, terutama corong online, berjalan tumbuh dan itu domainnya alumnus jurnalistik. Bahkan, sang alumnus publisistik bisa membuat dan kepunyaan media online sendiri!

Secara teknis, membuat corong online (situs berita) sangat mudah. Anda bisa gunakan CMS WordPress buat membangun corong online, setelah membayar domain dan hosting. Bisa jua membuat kedudukan berita berbasis blogger.

Untuk mendirikan corong resmi, Anda bisa melihat cara mendirikan corong online resmi berbadan hukum.

9. Dosen.

Semua Jurusan Ilmu Komuniksi Jurnalistik, Broadcasting, bahkan daerah yang menyediakan bagian mencatat (mata kuliah menulis) tentu memerlukan guru yang qualified di bidang jurnalistik.

Namun, buat menjadi guru jurnalistik, Anda harus aplikasi dulu menjadi wartawan agar di bagian nanti tidak hanya bicara teori, tapi jua aplikasi dan encer memberikan contoh juga berbagi pengalaman.

10. Trainer.

Banyak pihak yang butuh bidang jurnalistik. Banyak EO yang membentangkan pelatihan publisistik alias menulis. Mereka butuh trainer, instruktur, alias pemateri yang qualified di bidang jurnalistik.

Selain ke-10 Prospek dan Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik tadi, alumnus publisistik jua cocok berbicara sebagai Admin Media Sosial instansi, lembaga, alias perusahaan. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Thanks for reading 10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik | Tags:

Begitulah pembahasan "10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik" terimakasih atas kunjungannya

postingan ini ke dalam kategori

postingan ini bersumber dari berbagai artikel yang ada di google searcing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press)

Halo bertemu lagi di pada pertemuan ini penulis akan melakukan pembahasan " Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press) " secara tuntas, ayo simak selengkapnya ... Watchdog Journalism Dipraktikkan Pers Bawah Tanah (Underground Press) atas Media Mainstream Dikendalikan Rezim. Word cloud for Watchdog journalism by Fotolia WATCHDOG Journalism (Jurnalisme Pengawas, Jurnalisme Penjaga) adalah aktivitas kewartawanan atau pemberitaan sebagai aplikasi guna "pengawasan sosial" ( social control ) dalam Fungsi Pers bertimbal dengan UU No. 40/1999. Berdasarkan Pasal 33 UU. No. 40 tahun 1999 tentang Pers, guna pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dengan kekuasaan sosial, beserta menjadi badan ekonomi (bisnis). Dalam guna Kontrol Sosial terkandung amanat demokratis. Di dalamnya terdapat unsur-unsur:  Social Participation  (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan), Social Responsibility  (pertanggungjawaban pemerintah terhad

Teknik Menulis Jurnalistik Modern Plus

Haiii bersua lagi di pada kesempatan ini kita akan melakukan pembahasan " Teknik Menulis Jurnalistik Modern Plus " secara jelas, ayo simak sedetilnya ... Teknik Menulis Jurnalistik Modern dengan Teknik Reportase, Wawancara, Bahasa Jurnalistik. PANITIA sebuah pelatihan kewartawanan meminta aku mengisi materi dengan tema "Teknik Menulis Jurnalistik Modern" dengan Teknik Reportase dan Wawancara serta Bahasa Jurnalistik . Ada catatan di kurung: media cetak, blog, dan media sosial. Kayaknya panitia berdoa aku bicara atau memberi materi tentang cara memahat di media cetak, blog, dan media sosial. Cukup lengkap. Waktu pelatihan one day alias sehari penuh. Gak penuh-penuh amat sih, berangkat jam 09.00 s.d. 16.00 WIB. Urutan materinya sebagai berikut: Teknik Reportase dan Wawancara Bahasa Jurnalistik Teknik Menulis Jurnalistik Modern (Media Cetak, Blog, dan Media Sosial) Mungkin, yang dimaksud kewartawanan futuristik merupakan kewartawanan masa kini, terkait den

STAI Kharisma Sukabumi Gelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa

Halo bertemu lagi di blog saya akan menjelaskan " STAI Kharisma Sukabumi Gelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa " secara tuntas, ayuk simak selengkapnya ... Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kharisma Cicurug Sukabumi Jawa Barat menggelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa (Student Journalism) di Gedung Aula Kampus 1 STAI Kharisma Cicurug Sukabumi Jumat-Minggu 22-24 Desember 2017. Dengan biaya pendataan Rp200.000, peserta akan mendapatkan wawasan dan kapabilitas publisistik dari para pemateri tingkat nasional plus fasilitas seminar kit, sertifikat, konsumsi, tempat menginap, dan imitasi ataupun aksi langsung. Pemateri penataran pembibitan terdiri dari praktisi dan akademisi jurnalistik, yaitu Haris Sumadiria, Asep Syamsul M. Romli ( Kang Romel ), Ujang Saefullah, Aep Saepuloh, dan Budi Lesmana. Materi penataran pembibitan antara lain dasar-dasar jurnalistik, publisistik corong online, teknik menulis berita dan artikel, serta aksi melantas berupa imitasi pembuatan coro